VISIONBALI HERBAL INDONESIA

Om Awighnam Astu Namasiwa Budhaya

Makna kata Usada

Kata Usada berasal dari bahasa Sansekerta, yakni ausadhi. Lontar usada yang ada di Bali diperkirakan isinya diambil dari pengetahuan pengobatan di India. Diduga bersamaaan dengan perkembangan agama Hindu di Bali pada abad V usada ini turut menyebar di daerah Bali. Untuk mengetahui secara pasti kapan usada ini mulai muncul dan meluas di Bali tidaklah dapat dikatakan secara pasti. Berdasarkan beberapa peninggalan prasasti yang tersebar di berbagai tempat dan dari sumber lainnya dapat diperkirakan kapan kira-kira usada itu mulai ada dan berkembang di Bali (Nala, 1996).

Pada permulaan abad XI datanglah ke Bali seorang empu dari Jawa Timur yang digelari Empu Kuturan. Setelah berkeliling di Bali, akhirnya beliau mengambil keputusan untuk menetap di desa Silayukti, Padangbai, Karangasem. Di samping menyebarkan pengertian tentang agama Hindu, beliau banyak pula menghasilkan konsep-konsep baru dan menerapkan pendirian sanggah atau merajan serta pura kawian untuk tempat pemujaan leluhur dari sekelompok keluarga, dan dibangun pura kahyangan tiga untuk tempat pemujaan warga sebuah desa. Pura kahyangan tiga dibangun di setiap desa, sebagai lambang utpati – sthiti – pralina, lahir - tumbuh – mati, membangun – memelihara – memusnahkan yang selalu ada di setiap desa. Wujud dari kahyangan tiga di desa itu berbentuk pura Puseh, Desa atau Bale Agung, dan Dalem. Di setiap pura itu disungsung salah satu Dewa Tri Murti. Di pura Desa disungsung Dewa Brahma, lambang utpati, dewa kelahiran dan pencipta, dengan warna merah sebagai simbolnya. Dewa Wisnu sebagai Dewa sthiti, yakni dewa pemelihara dan pengembangan, dengan simbol warna hitam, disungsung di Pura Puseh. Dan di Pura Dalem disungsung Dewa Siwa, Dewa pralina, lambang dewa kematian dengan simbol warna putih (Nala, 1996).

Pada waktu pemerintahan Raja Waturenggong di Gelgel Bali pada tahun 1460-1550 datanglah dari Jawa Timur seorang bhagawan bernama Dang Hyang Dwijendra. Beliau merupakan seorang yang amat tinggi pengetahuannya di semua bidang, termasuk di dalam bidang ilmu pengobatan. Beliau mampu menyembuhkan hampir segala macam penyakit. Beliaulah yang mengembangkan sistem pengobatan di Bali yang dikaitkan dengan sistem mistik-putih, yang terkenal dengan sebutan angen balian sakti. Pada waktu beliau datang, di Bali sebenarnya telah ada pula sistem pengobatan yang sudah ada sejak jaman dahulu. Sistem ini diwariskan turun-temurun tanpa ditulis. Sejak datangnya Dang Hyang Dwijendra inilah penulisan Usada lebih digalakkan lagi, yang telah dirintis oleh para pendahulunya, termasuk Empu Kuturan. Maka bermunculanlah berbagai macam usada yang ditulis di atas daun lontar, seperti Usada Sari, Budha Kecapi, Kalima Usada, Taru Premana, Dharma Usada yang bersifat umum dan beberapa usada yang menjurus ke penyakit khusus, seperti Usada Dalem (penyakit dalam), Netra (mata), Sasah Bebai (penyakit bebainan), Buduh (gila), Tatenger Beling (mendiagnosis kehamilan), Upas (Racun, bisa) dan masih banyak lainnya lagi. Di samping itu, ada pula berbentuk tutur yangditulis juga di atas daun lontar, tetapi isinya tentang filsafat sehat sakit, aksara sakti, gambar lambing yang sulit dicerna oleh orang awam. Lontar tutur ini penyimpanannya amat dirahasiakan dan dihormati lebih dari lontar usada. Menurut beberapa ahli kebalianan, orang yang tidak teguh imannya dapat menjadi gila kalau membaca lontar tutur ini. Karena itulah dipingitkan sekali keberadaan lontar ini agar tidak dibaca oleh anak-anak dan orang yang tidak teguh pikirannya (Nala, 1996).

Jika disimak lebih dalam isi lontar tutur maupun usada yang beredar di Bali, sumber utamanya kebanyakan dari kitab Ayurveda. Kitab ini bukanlah kitab suci Yajur Veda yang merupakan salah satu dari kitab suci Catur Samhita Veda Sruti. Kitab Ayurveda ini adalah bagian dari kitab Upaveda dari Veda Smerti. Pada dasarnya beberapa bagian dari isi kitab Ayurveda ini diambil dari kitab Atharva Veda yang banyak memuat tentang ilmu pengobatan beserta doa-doanya. Kitab Atharva Veda ini memang bagian dari kitab suci Catur Samhita Veda Sruti (Nala, 1996).

 

Pengobatan herbal dalam Ayurveda

Ayurveda adalah kitab pengobatan kuno, kitab ilmu kedokteran Hindu, yang banyak sekali pengaruhnya terhadap pengobatan modern sekarang ini. Ayurveda berasal dari kata ayur atau ayus atau ayu yang berarti hidup dengan selamat atau umur panjang, veda atau vida atau vid yang berarti ilmu pengetahuan. Jadi Ayurveda berarti ilmu pengetahuan tentang hidup sehat (sehat pisik, jiwa dan spiritual) dan panjang umur. Sehat dalam Ayurveda adalah memiliki konsep kesehimbangan dalam Tri dosha (Vata=angin, Pitta=panas, kapha=air) dan enzim pada jaringan tubuh (dhatu) berfungsi dengan baik, serta limbah/ekskreta (mala) dibuang secara teratur sehingga mempunyai rasa plong atau bahagia (atma/spirit, Indriya sempurna dan manah/pikiran menjadi tenang. Jadi konsep dalam konsep Ayurveda orang sehat agar tetap sehat dan panjang umur maka minumlah ramuan penguat tubuh (antioksidan) dan orang yang sakit diobati hingga sembuh atau sehat serta panjang umur. Kalau sudah tubuh sehat atau organ dalam keadaan sehimbang maka terjadilah kebahagiaan batin atau jiwa, normalnya panca indriya dan pikiran segar.


Ayurveda menekankan pada pengobatan traditional dan vahan-bahan obat natural (pancamaha bhuta: tanah, air, udara, api, akasa) yang berupa vahan dari taru ( tanaman), sato atau buron (binatang), toya (air), mineral (garam), madu, susu dan arak/berem/tuak (minuman keras). Orang dikatakan sehat atau tridosha (angin, api/panas dan air) dalam keadaan sehimbang dalam tubuh memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
* Nafsu makan atau selera makan cukup baik dan teratur.
* Nyaman dan nikmat ketika makan
* Makanan mampu dicerna dengan baik
* Pikiran dan kekuatan tubuh prima
* Pengeluaran limbah atau ekskreta lancer (berak, kentut, kencing, sperma, haid)
* Panca indriya berfungsi dengan baik
* Dapat istirahat atau didur dengan baik

 

Penyebab tidak sehimbangnya Tridosha (angin, api/panas, air) didalam tubuh disebabkan oelh beberapa factor seperti: mungkin karena aktifitas yang berlebihan; kelelahan yang sangat; ketegangan mental; ketegangan mental yang mendadak akibat suatu kejadian atau bisa juga karena kelebihan dari suatu obat (overdosis).

 

Filosofi Usada

Di beberapa daerah kata Usada yang berasal dari bahasa sansekerta telah dijadikan bahasa Bali, sehingga menjadi wisada, yang berarti ubad, tamba, atau obat. Lontar Usada yaitu lontar yang menguraikan tentang penyakit, nama-nama penyakit, pemberian obat serta penyembuhan dengan cara-caranya (Suputra, 2009). Usada Bali merupakan suatu pengetahuan pengobatan yang disusun berdasarkan suatu acuan tertentu digabungkan dengan pengalaman praktik pengobatan di Bali selama ratusan tahun. Usada tidak hanya berisi penyakit dengan ramuan tumbuhan saja, tetapi juga mencakup pengetahuan tentang medico-psikomatik, farmakologi, farmasi, cara mendiagnosis penyakit, tanda-tanda kehamilan, merawat bayi, hari baik untuk melaksanakan pengobatan, sampai tanda-tanda seseorang yang akan meninggal (Sutara, 2007).

Usada umumnya terdapat dalam naskah kuno lontar yang ditulis dengan Bahasa kuno (Sansekerta) tersebar di masyarakat atau etnis Bali, terutama dari Balian, pemuka adat, para pelaksana upakara adat dan ada yang telah tersimpan di Gedung Kertya (Singaraja), Perpustakaan Pusat Denpasar, dan Fakultas Sastra Universitas Udayana. Isi dari satu usada dengan usada lain terdapat persamaan pengobatan tetapi penggunaan bahan dapat berbeda, selalu ada kekhasan masing – masing sesuai nama usada. Pokok pengetahuan yang menjadi dasar usada adalah mencangkup pandangan masyarakat Bali tentang sifat manusia (Bhuana alit, mikroskosmos) dan hubungannya dengan alam nyata (sekala), alam gaib (niskala), dan lingkungan tempat manusia hidup (Bhuana agung, makrokosmos) (Sutara, 2007).

Manusia disebut sehat apabila semua sistem dan unsur pembentuk tubuh (panca maha bhuta) yang berhubungan dengan aksara panca brahma (Sang, Bang, Tang, Ang, Ing) serta cairan tubuhnya berada dalam keadaan seimbang dan dapat berfungsi dengan baik. Sistem tubuh dikendalikan oleh suatu cairan humoral. Cairan humoral ini terdiri dari tiga unsur yang disebut dengan tri dosha (vatta = unsur udara, pitta = unsur api, dan kapha = unsur air). Tiga unsur cairan tri dosha (unsur udara, unsur api, dan unsur air) dalam pratek pengobatan oleh balian dan menurut agama Hindu di Bali (Siwasidhanta), Ida Sang Hyang Widhi atau Bhatara Siwa (Tuhan) yang menciptakan semua yang ada di jagad raya ini. Beliau pula yang mengadakan penyakit dan obat. Penyakit itu tunggal dengan obatnya. Apabila salah cara mengobati, maka akan menjadi penyakit dan apabila benar cara mengobati akan menjadi sembuh (sehat). Secara umum penyakit ada tiga jenis, yakni penyakit panes (panas), nyem (dingin), dan sebaa (panas-dingin). Demikian pula tentang obatnya. Ada obat yang berkhasiat anget (hangat), tis (sejuk), dan dumelada (sedang). Dewa yang melaksanakan semua aktivitas ini adalah Brahma, Wisnu, dan Siwa yang disebut juga dengan Sang Hyang Tri Purusa atau Tri Murti atau Tri Sakti. Wujud Beliau adalah api, air, dan udara. Penyakit panes dan obat yang berkasihat anget, menjadi wewenang Bhatara Brahma. Bhatara Wisnu bertugas untuk mengadakan penyakit nyem dan obat yang berkasihat tis. Bhatara Iswara mengadakan penyaki sebaa dan obat yang berkasihat dumelada (Prastika, 2008).

Suatu penyakit tidaklah hanya merupakan gejala biologi saja, tetapi memiliki dimensi yang lain yakni sosial budaya. Suatu penyakit tidaklah cukup disembuhkan dengan hanya ditangani masalah biologinya saja, tetapi harus digarap masalah sosial budayanya. Pertolongan pengobatan yang dicari masyarakat pada umumnya bukanlah karena penyakit yang patogen, tetapi kebanyakan akibat adanya kelainan fungsi dari tubuhnya. Pengobatan dengan usada masih dipercaya masyarakat Bali banyak manfaatnya untuk menyembuhkan orang sakit (Prastika, 2008).

 

Pengobatan Ayurveda dan pengobatan Usada Bali

Di Bali secara tidak sadar kita sudah memakai sistem terapi pengobatan ayurveda yaitu kesehimbangan antara badan, pikiran dan jiwa. Bila usada Bali dilihat secara menyeluruh (holistik) sudah memakai pendekatan penyehimbangan spiritual dan jasmani, dengan prinsip mencegah terhadap serangan penyakit dan sekaligus mengobati. Bagaikan yoga dan meditasi sekaligus memelihara dan meningkatkan kebugaran tubuh dan ketenangan batín. Dijaman sekarang ini sudah dikemas berupa SPA treatment, terapi dengan suara musik, terapi dengan wewangian (aromaterapi) yang menyenangkan, dikombinasikan dengan obat herbal (fitofarmaka) buat realsasi stres terhadap rutinitas seharian. Sekartang pengobatan kombinasi ini dalam pengobatan modern dikenal dengan istilah Homeopaty yaitu suatu pengobatan demi kesehimbangan menyeluruh dari aktifitas yang terdapat didalam tubuh, baik pemasukan maupun pengeluaran sisa pembakaran makanan. Hal ini berbeda dengan pengobatan Allopati yang beranggapan pengobatan bertujuan mengilangkan penyebab penyakit, kalau ada efek negatif maka efek itu diselesaikan dengan jenis obat yang lain (yang mungkin saja menimbulkan efek lain lagi).

Element-element pengobatan Ayurveda yang secara tidak sadar sudah diterapkan di Bali seperti:
* Terapi air sudah dilakukan seperti mandi dipancoran, mandi air panas, pengelukatan dls.
* Duduk hening dipingir sungai, sambil mendengarkan suara gemercik air sungai, suara pepohonan yang diempas angin sepoi-sepoi dan suara burung-burung yang merdu serta suara gentonga, suara orang menumbuk padi, suara kekidungan, suara tetabuhan gong yang beraneka ragam dan lain sebagainya.
* Dalam yoga sehari-hari kita tidak sadar sudah mempraktekkan yoga samadhi, ke merajan memusatkan pikiran memuja leluhur, melakukan japa mantra dan lain sebagainya.
* Leluhur kita sudah biasa berdoa dan para pemangku atau pengusada sudah terbiasa mengucapkan japa mantra, kita ingat bahwa semua process penyembuhan adalah atas bantuan dan ijin Semesta atau Tuhan, namun sekecil apapun itu manusia tetap berusaha dan meminta ijin kepada penguasa jagat raya ini.

 

Kita sudah memakai obat fitofarmaka, yaitu suatu tanaman yang berkasihat obat. Tanaman itu sudah kita konsumsi dalam makanan keseharian kita berupa bumbu makanan (fito-nutrient). Disini dapat disimpulkan bahwa dengan beragamnya makanan yang kita makan makan beragam nutrisi, mineral dan lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh sebagai bahan pengganti sel-sel yang rusak didalam tubuh kita. Makanan tersebut automatis sudah sebagai obat (herbal). Kita menggunakan tanaman obat traditional (fito-farmaka) untuk mencegah dan mengatasi penyakit tentunya memiliki beberapa pertimbangan didalam pemakaiannya antara lain:

Obat traditional kemungkinan dari efek samping (negatip) sangat kecil dibandingkan dengan obat modern yang beredar sekarang. hal ini terjadi karena bahan sebagai Ramuan Herbal Traditional atau kategori jamu berasal dari bahan makanan yang ada di alam, namun beberapa tanaman tidak lumrah digunakan sebagai bahan makanan sehari-hari. Karena perkembangan globalisasi sehingga Negara barat mulai back to nature (kembali ke alam). Dengan banyaknya para peneliti telah sadar mau pempublikasikan hasil penelitian tentang tanaman obat maka masyarakat telah sadar bahwa disekitar kita banyak terdapat tumbuhan yang berkasihat obat (fito-farmaka).

Pengobatan modern sangat berkembang sehingga harga obat sangat tinggi bagi masyarakat bawah. Juga sangat memungkinkan terjadinya mafia didalam pendistribusian obat modern dari pabrik obat, distributor, toko penjual, pemberi resep dan lain sebagainya dengan jaringan yang cukup panjang sebelum sampai ke pemakai sehingga terjadi peningkatan harga obat. Serta obat modern tidak bisa didapat secara bebas, dosis dan peresepan yang sangat ketat namun obat traditional mudah didapat dan sangat murah, dan lain sebagainya.

 

 

Semoga kita selalu hidup berbahagia

 

 

 

Home || product 1 || Produk 2 || Product 3 || Produk 4 || Cara Pesan || Profile || Terapi Usadha Bali || Artikel || Contact Us

Kesehatan merupakan anugerah terbesar yang diberikan oleh Tuhan YME kepada hamba-Nya.
Tanpa kesehatan, hidup tak akan berarti. Namun terkadang orang lupa akan nikmat kesehatan yang dimilikinya karena terhanyut akan mimpi-mimpi indahnya.

Prinsip keseimbangan untuk mencapai kehidupan yang tenteram. Yakni cinta, kesehatan, dan kemapanan
Kesehatan selalu tampak berharga setelah kita kehilangannya.
Dalam kesehatan terdapat kebebasan, Kesehatan adalah hal paling pertama dalam semua kebebasan.


Renungkan !!!

Danny, 29/12/09

logo herbaltaru pramana Usada Taru Pramana
UD. VisionBali Herbal Indonesia
Herbal Usada Taru Pramana
Jl. Tukad Badung XXIII No. 27 Renon, Denpasar 80226 Bali
Phn, line,Wa, SMS: 085100426261
www.herbaltarupramana.com
HerbalUsadaBali.com

View Large Map

 


 

 

Gili Trawangan Lombok HUBUNGI KAMI Gili trwangan home stay

logo herbal taru pramana

UD. VisionBali Herbal Indonesia
Herbal Usada Taru Pramana
Jalan Tukad Badung XXIII No.27
Renon, Denpasar, Bali - Indonesia
Phn costumer services:
+62 85100426261 wa/line: +62 8123914438
Email: VisionBali@yahoo.com

atau kunjungi
www.herbaltarupramana.com
atau klik disini: Contact !!.

_______Mau Terapi Usadha Bali? Clik disini!!__

 
Gili Trawangan Lombok JENIS PRODUK HERBAL Gili trwangan home stay

DIAFRAGIO HERBAL SESAK NAFAS, BATUK MENAHUN, RAMUAN USADA BALI TARU PRAMANA.

Madu Kele-Kele (trigona Sp) atau Madu kelanceng, propolis dan bibit koloni

Ramuan Memory Plus, didesain khusus untuk membantu meningkatkan kekuatan syaraf memori dan meningkatkan daya ingat /mental /mencegah pikun/pelupa, mengatasi hyper aktif, Pencegahan penyakit saraf/ayan, menurunkan gejala stres dan depresi, antialergi/pembersih darah, meregenerasi sel/anti aging/revialisasi sel dan untuk kesuburan wanita, menurunkan kadar gula darah,

Instan JAME (jahe merah, dls) , sesak nafas, batuk, flue-pegal , radang tenggorokan dll
--------------------------------------------------

Instan JAIPU / Jahe Putih menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah masuk angin, dls

Instan MUPU (kulit manggis, srikaya, kunyit putih) , menonaktifkan perkembangan sel kanker dan tumor, nyeri haid, keputihan, anti body /pegal- linu masuk angin, flu dls
--------------------------------------------------

Instan KUNIR antimikroba, antiradang, dan antivirus, anti oksidan
--------------------------------------------------

Instan TEMUWAK Meningkatkan nafsu makan, mengatasi mag, meningkatkan produksi asi, menjaga kesehatan hati dls
--------------------------------------------------

Instan BINAR /binahong , tensi, strok melancarkan asi/menyusui, mempercepat penyembuh luka, penurun tensi, ambien, dls
--------------------------------------------------

Instan ZEDOARIA menonaktifkan perkembangan sel kanker dan tumor dls
--------------------------------------------------

Instan PEGAGAN, epilepsi, pikun, syaraf, dls

--------------------------------
Bawang Hitam(black Garlic) Sebagai Pencegah dan Penangkal Penyakit Kanker; Menurunkan Kadar Tekanang Darah Tinggi dls
--------------------------------------------------

Sabun kecantikan herbal "SABUN AHOMA"
Sabun untuk mengatasi ketombean, gatal-gatal pada kulit, kulit kering dls

-----------------------------------
PAPAIN HERBAL, Daun Papaya segar yang kaya dengan zat anti oksidant, simplesia Meniran bermanfaat untuk memperkuat persyarafan dan simplesia Kepiduh (tanaman Pegagan) sebagai nutrisi / makanan otak dan Induk Kunyit Putih yang kaya dengan antioksidant.

Instan / Kapsul ASURATIK, rematik, asam urat, kolesterol, kesemutan, sakit pinggang, nyeri / ngilu tulang, tensi tinggi, stroke, kepala pusing, kaki sering sakit dls
--------------------------------------------------

Instan SAMBELIT, mag / gastritis, sambelit, mual-mual, wasir, keputihan, kotoran berdarah dls
----------------------------------------

Ramuan Tradisional Moringga Daun Kelor. Meningkatkan kekebalan Tubuh Alami, Antioksidan), Anti Bakteri dan Anti Racun (Mengatasi Radikal Bebas). Meningkatkan Fungsi Normal pada Hati (Penyakit Kuning) dan Ginjal
----------------------------------------

Instan MENIRAN, antibody, pegal linu, flue, nyeri kencing, hepatitis,
--------------------------------------------------

Serbuk KEDELAI, menyusui, makanan tambahan bayi/anak, mag
..............................................
DAUN ALPOKAT. Nyeri Saraf, Darah Tinggi, Kencing Batu, Mens Tidak Teratur, menurunkan tensi, dll
..............................................
Daun sirsak mengandung zat annonaceous acetogenin sangat baik untuk mencegah kanker (kanker payudara, kanker usus, kanker ovarium, liver, paru-paru, prostat, pankreas dan limpa, dls),
----------------------------------------
RAMUAN HERBAL USADA BALI " LANGSING, untung membantu mengatasi berat badan yang berlebih, minum rutin 3x sehari niscaya berat badan dan nafsu makian akan mulai menurun


Instan / kapsul STIMULAR /habbatussauda, stamina jreng, menyuburkan gen kandungan (bagi yg mengharapkan keturunan/anak), mengatasi kanker - tumor,, anti oksidan, hepatitis,mengatasi lemah syahwat, menambah gairah sex, meningkatkan nafsu birahi dls
--------------------------------------------------

kapsul D-BET Kapsul D'bet / kencing manis sedang
---------------------------------------
GURAH HERBAL Dapat mengatasi sinusitis (flue menahun), pilek, alergi debu, hidung meler berkepanjangan, antiradang atau anti-infeksi, menghilangkan nyeri, mengurangi sumbatan lendir, melancarkan pernafasan, mencegah sesak nafas (maslah paru-paru).

kapsul LELAP mengatasi gangguan tidur
--------------------------------------
LA SEGAR, RAMUAN UNTUK MENGATASI PANAS DALAM
------------------------------
Bawang Dayak/Bawang mutiara/ bawang sabrang/ bawang bang Membantu mengurangi lemak darah. diabetes mellitus, jantung koroner, hipertensi, tuberkulosis, bronkitis.

------------------------------
TENSIMA HERBAL, MEMBANTU MENGATASI TENSI TINGGI

------------------------------
Neurofit Herb. Mengatasi keluhan persyarapan seperti: mengatasi Tremor (tanggan gemetar), penyakit ayan/epilepsi, dermatitis alergika/ eksim, mengatasi gangguan ginjal, peluruh air seni, pelindung
hati

kapsul GLIKO/kapsul kulit manggis, anti oksidan, anti kanker, dls
--------------------------------------------------

kapsul INTARAN / kapsul D'bet / kencing manis kronis
--------------------------------------------------

kapsul TIBAH, kapsul D'bet ringan, masalah peredaran darah dls
--------------------------------------------------

kapsul MIROTO, menurunkan kadar gula darah, tifes, radang tenggorkan, anti biotik, hidung tersumbat, Faringitis flue menahun, dls
--------------------------------------------------

TETES MATA NETRA ayurveda : pembersih mata alami, mengatasi mata kabur / rabun +/-, dls
--------------------------------------------------

Kapsul JINTAN / habbatussauda, sakit hati, gagal ginjal, alergi, rematik, hepatitis, dls
--------------------------------------------------

MINYAK URUT SENDI, mengatasi rematik, asam urat, pegal-linu/ masuk angin, flue, kolesterol, dls
--------------------------
------------------------

BOREH USADA BALI; -Menghangatkan tubuh, -Memperlancar peredaran darah, -Mengatasi Kesemutan pada tangan atau kaki, -Mengatasi peradangan /nyeri sendi rematik, -Sakit pinggang, -Mengtasi otot- otot yang kaku, -Mengatasi masuk, - angin/pegal-pegal , -Memberi keseimbangan suhu tubuh -Mengatasi Kurap, Panu, Kulit gatal, Eksim, Kutu air, Kudis/Skabies dan Penyakit Kulit lainny

Minyak CUTIS Kurap, Panu, Eksim, Kutu air, Kulit gatal, Kudis/Skabies dan Penyakit Kulit lainnya
--------------------------------------------------

Kapsul MORINGGA / Sari Pati Daun kelor, menurunkan kolesterol, mengatasi nyeri rematik pegal linu, mengatasi cacingan, dls
--------------------------------------------------

Kapsul BILIMBI / l belimbing wuluh meredakan nyeri (analgesik), melancarkan keluarnya enzim empedu, antiradang, dan meluruhkan kencing (diuretik), mengatasi Batuk, asma, dll.
-----------------------
---------------------------

Teh TULASIH Meredakan demam, gangguan pencernaan, radang usus, nyeri lambung, sariawan, melancarkan buang air besar, melancarkan peredaran darah, sakit kepala, haid tidak teratur, rematik,dls
--------------------------------------------------

LIPO ACID SABUN : membantu meningkatkan metabolisme, pertumbuhan sel kulit yang mencegah proses penuaan pada kulit dan meningkatkan elastisitas kulit sehingga selalu terlihat awet muda, Mempertahankan kelembaban wajah agar tetap segar dan makin licin bercahaya, Natural, untuk semua jenis kulit dlks
--------------------------------------------------

Minyak VIRGIN COCONUT OIL) : mengatasi asam urat, anti kolesterol, anti microba anti jamur dan bakteri, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan virus HIV penyebab penyakit AIDS dls
--------------------------------------------------

Serbuk GASTRO: mencegah kanker, pendarahan pada batuk darah, muntah darah, serta mimisan, melancarkan / mencairkan bekuan peredaran, melancarkan haid, mencegah Tuberkulosis atau TBC, menurunkan / mengurangi kolesterol, penghambat pertumbuhan Kista, sakit persendian (Reumatik), mengurangi/menurunkan Hipertensi (darah tinggi), diabetes mellitus (kencing manis), mual-mual, mag/gastritis, nyeri perut dls
--------------------------------------------------

Kapsul AMALAKI: Meningkatkan kesuburan wanita dan peria, powerfull antioksidan/Anti penuaan, Perawatan mata, diabetes, Penyakit jantung, kaya Vit C untuk anti body dan anti oksidan, anti masuk angin, flue, bersin-bersin, badan lemah, dll
--------------------------------------------------

Instan LANGSING: Membakar kalori dalam tubuh dan meningkatkan energy, Menimbulkan efek kenyang dan menekan nafsu makan, Menghancurkan lemak dalam tubuh yang menggumpal di dalam tubuh dan mengeluarkannya saat anda BAB, Melancarkan pencernaan dan pembuangan, Membantu menurunkan berat badan / langsing badan dls.
--------------------------------------------------

Instan DAUN ALPUKAT : Menstruasi tidak teratur, tumor, kista, kancer, menurunkan tensi/ Darah tinggi, sakit kepala, dll.
--------------------------------------------------

Instan DAUN SIRSAK :mencegah kanker (kanker payudara, kanker usus, kanker ovarium, liver, paru-paru, prostat, pankreas dan limpa, dls)
--------------------------------------------------

kapsul TAPAK LIMAN: mengatasi radang ginjal yang akut dan kronik, radang rahim, keputihan, peluruh haid, pembersih darah, sakit kuning, memperbaiki fungsi hati, pemacu gairah seksual, melancarkan air seni, mengatasi beri-beri, dll.
--------------------------------------------------

Kapsul RUMPUT LAUT : radikal bebas, mencegah tekanan darah tinggi, membantu metabolisme lemak/menurunkan kolesterol, vitamin, mineral, asam amino dan enzim dls
--------------------------------------------------

Kapsul GURAH USADA BALI: mengatasi sinusitis (flue menahun), pilek, alergi debu, mencegah sesak nafas (maslah paru-paru), melonggarkan nafas (membuat napas lebih panjang), batuk, pusing, stress, lambung, kandung kemih sebagai anti oksidan dan mengurangi kadar racundll.
--------------------------------------------------

Instan MONALISA, Mengatasi Kista, Keputihan, bau badan, alergi badan, mengatasi monopause, haid kurang lancar, nyeri haid, menambah nafsu birahi, merapatkan vagina, dls
--------------------------------------------------

Teh Benalu Tibah / Mengkudu
Berbagai macam jenis kanker/ tumor , mengempeskan benjolan yang tiba-tiba timbul didalam/ luar tubuh, susah buang air/ prostat, polip, amandel, gondok, mengatasi sakit pinggang, membersihkan nikotin rokok/ alkohol dari paru-paru, diabetes, dll

sarang semut kapsul baliSarang semut kapsul
Mengatasi kangker, Tumor, Kista, payudara peradangan kangker, prostat, diabetes, hevatitis, diarea dls

sarang semut kapsul bali Masker wajah anti jerawat herbal 100%

sarang semut kapsul bali PH Tubuh agar alkalin / keadaan Basa sehingga terhindar dari penyakit maag kronis dan sebagai terapi pasangan agar memiliki anak laki-laki dengan Susu kambing Etawa Organik khusu

sarang semut kapsul baliBibit Spray alkali atau pH basa ini terbuat dari air laut yang diolah menjadi air spray yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai keluhan

sarang semut kapsul bali Bibit air tetes Alkali pH Basa. Tubuh yang sehat yaitu tubuh yang mempunyai keseimbangan tingkat pH, namun kebanyak pH asam.

sarang semut kapsul bali Mengatasi keluhan kanker atau tumor (kanker serviks, dan vulve, kista rahim), nyeri haid, miom, Prostat

sarang semut kapsul bali Minyak Suna Mengatasi keluhan telinga

NEUROFIT membantu mengatasi Tremor
(tanggan gemetar), penyakit ayan/epilepsi, dermatitis alergika/ eksim, mengatasi gangguan ginjal, peluruh air seni, pelindung
hati dari racun, anti radang
KAPSUL BUAH BELIMBING WULUH, membantu kecantikan, mengatasi kulit kering, untuk mengatasi Batuk, Diabetes, untuk Rematik, menurunkan tensi tinggi, untuk Sariawan
MINYAK AROMATHERAPY USADA BALI Aromaterapi adalah cara pengobatan alternatif yang menggunakan uap dari minyak esensial dari berbagai macam tanaman yang bisa dihirup
 
Gen Subur Herbal, Menyuburkan, menguatkan, dan memperpanjang daya hidup sel telur ; Meningkatkan jumlah dan enguatkan mutu sperma Menyehatkan badan dan tempat kandungan, kalau badan sehat, produksi hormon juga subur dan tentunya memudahkan kita untuk mengandung.
D-Bet, DIABETES HERBAL, Sangat bagus mengatasi diabetes (DM) kencing manis. Terbuat dari Ekstrak Pegagan, Mimba, Samiroto dan juga dengan Ramuan lainnya.
DIAGLO TEA HERBAL, Sangat bagus mengatasi diabetes (DM) kencing manis Terbuat dari Ekstrak Pegagan, Daun Bianhong, Daun kersen (daun singapore) dan juga dengan bahan ramuan lainnya.
GLIKO KULIT MANGGIS, Ramuan Kombinasi kulit manggis, temu putig dan daun srikaya untuk mengatasi kista, tumor, kanker...
Daun Intaran, kencing manis, disentri, diare, malaria, masuk angin,hepatitis, gagal liver, kanker liver, penyakit lambung
JINTEN HITAM / Habbatus Sauda . Mengatasi rasa lelah dan letih, merangsang semangat, tonikum jantung activator enzim adenilat-siklase, Menggatasi Maslah keluhan kesehatan jantung ..
 

 

Gili Trawangan Lombok ARTIKEL Gili trwangan home stay


Pemanfaatan Tanaman Obat di Sekitar Kita


Cara Pengolahan Bahan Herbal


Pengobatan Ayuveda dan Pengobatan Usada Bali

Cara Mendiagnosisi Dalam Usadha Bali

Makalah Tentang Usadawan, Potensi Pengobatan Usadha, Penyebab Menjadi Usadawan, Cara Mendiagnosis Suatu Penyakit, Tata Cara Penyiapan Obat Dan Tata Cara Penterapian

Penyebab Menjadi Balian / Usadawan Dan Keilmuwan - Keahliannya ( I)
Penyebab Menjadi Balian / Usadawan Dan Keilmuwan - Keahliannya ( II)
Penyebab Menjadi Balian / Usadawan Dan Keilmuwan - Keahliannya ( III)
Peramalan Penyakit atau Cara Mendiagnosis suatu Penyakit Dalam Usadha Bali
Tata Cara Menyiapkan Obat Dalam Usadha Bali
 
Gili Trawangan Lombok ORGANISASI SOLUSI SEHAT
TRADISIONAL BALI
Gili trwangan home stay
Organisasi Solusi Sehat

Anggaran Rumah Tangga Sekehe Solusi Sehat

Gebyar Pengobatan
Desa Utu


Pembinaan Solusi Sehat Hypertensi dan Gebyar pengobatan di Indonesia Power Bal
i

manfaat tape ubi singkong Manfaat Tape Singkong | tape Ubi

Gili Trawangan Lombok RESEP HERBAL Gili trwangan home stay


Mengatasi Hipotensi

Mengatasi Hypertensi

Mengatasi berbagai keluhan Rematik, kesemutan, asam urat, kencing batu, kolesterol, kesemutan, kaku persendiaan dll

penyakit pinggang Penyakit Pinggang dan cara mengatasinya

 

VisionBali Herbal Indonesia
Herbal Usada Taru Pramana
Jalan Tukad Badung XXIII no.27
Renon, Denpasar, Bali - Indonesia
Phn costumer services:
085100426261
Wa/line: +62 8123914438

Email: Info@HerbalTaruPramana.com
www.herbaltarupramana.com

atau klik disini: Contact !!

logo herbal taru pramana

LAND ON BEACH FOR SALE
IN NUSA PENIDA -BALI

Bali Property

Land for sale

Gudang for sale

House for sale

 

 

 

Semua Produk VisionBali Herbal bisa di peroleh di distributor kami klik disini